Porprov XIV Resmi Ditutup, Gubernur Jabar : “Saya Bangga Pada Kabupaten Ciamis”

oleh -840 Dilihat
oleh

Ciamis, tabloidpersada.com

Gubernur Jawa Barat,  Ridwan Kamil, menutup Pekan Olah raga Provinsi (Porprov) XIV tahun 2022 di Taman Raflesia Alun-Alun, Kabupaten Ciamis, Sabtu (19/11/2022). Ia mengapresiasi atas keberhasilan penyelenggaraan Porprov XIV di Kabupaten Ciamis. “Saya mengucapkan selamat sekali lagi atas berlangsungnya Porprov XIV, yang dengan segala keterbatasannya berhasil diselenggarakan dengan sukses oleh Kabupaten Ciamis dan beberapa kota/kabupaten lainnya,” ujarnya, Minggu (20/11/2022).

Berdasarkan data terakhir hingga Minggu siang, Kabupaten Bekasi masih menempati peringkat pertama klasemen perolehan medali dalam ajang Porprov 2022. Kabupaten Bekasi meraih 189 emas, 139 perak, dan 123 perunggu. Sementara di tempat kedua, Kota Bogor meraih 139 emas, 130 perak, dan 123 perunggu. Sedangkan Kota Bandung menduduki peringkat ketiga dengan raihan 121 emas, 116 perak, dan 158 perunggu. Tuan rumah kegiatan Porprov 2022, Kabupaten Ciamis berada di posisi sembilan dengan raihan 35 emas, 29 perak, dan 35 perunggu.

Dengan jarak raihan emas yang terpaut jauh, Kabupaten Bekasi hampir dipastikan menjadi juara umum Porpov XIV Jabar tahun 2022 dan hampir dipastikan akan merebut tahta dari Kabupaten Bogor yang menjadi juara umum Porprov XIII tahun 2018. Dengan demikian, Kabupaten Bekasi juga akan kembali mengulang prestasinya saat menjadi juara umum Porprov XII tahun 2014 ketika menjadi tuan rumah.

Di sela sambutannya, Gubernur Ridwan Kamil juga mengatakan, “Porprov Jabar XV tahun 2026 akan dilaksanakan di Kota Bogor. Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengingatkan Jabar akan bertarung di PON Aceh tahun 2024. Gubernur ingin Jabar menjadi juara umum tiga kali berturut-turut”, tandasnya.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kami, turut mengapresiasi atas keberhasilan dan kesuksesan Kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Porprov ke XIV Jawa Barat tahun 2022. “Saya ucapkan selamat atas terselenggaranya Porprov ke-14 yang dengan segala keterbatasannya telah berhasil diselenggarakan dengan sukses oleh Kabupaten Ciamis dan beberapa kabupaten kota lainnya, dan sebagai bentuk rasa bangganya pada Ciamis, Gubernur Jabar Ridwan Kamil akan menyiapkan anggaran untuk infrastruktur di Kabupaten Ciamis dengan total anggaran sebesar Rp.200 Milyar. “Saking bangganya pada Ciamis, bulan Desember ada anggaran untuk infrastruktur bagi Kabupaten Ciamis sebesar 45 Miliar, selain itu tahun depan alun-alun Ciamis akan direnovasi dan situ Lengkong akan Gubernur sempurnakan menjadi destinasi wisata internasional, dengan total keseluruhan kurang lebih 200 miliar, ” Jelasnya. Alhamdulillah, helatan Porprov tahun 2022 secara resmi ditutup oleh Gubernur Jabar didampingi para Kepala Daerah se Jabar atau yang mewakili

Ciamis Sukses Jadi Tuan Rumah Porprov 2022

Sementara itu, Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengaku bangga karena daerahnya sukses menjadi tuan rumah. Apalagi, Kabupaten Ciamis juga berhasil menorehkan prestasi yang signifikan dengan masuk 10 besar Porprov XIV 2022.

“Kita patut bersyukur dan berbangga selain sebagai tuan rumah 8 cabor, kita juga telah berhasil menduduki peringkat 9 dengan perolehan medali 35 emas 29 perak dan 35 perunggu,” ujarnya.

Menurut Herdiat, capaian prestasi tersebut merupakan salah satu kenaikan yang signifikan. Sebab, pada ajang Porprov sebelumnya, Kabupaten Ciamis hanya mampu menduduki peringkat ke 23 dengan raihan 6 emas, 18 perak dan 13 perunggu.

“Untuk itu saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para atlet, pelatih, ofisial, manajer dan pendamping, khususnya dari jajaran KONI dan OPD terkait atas perjuangannya selama ini,” kata dia.

“Dengan ditunjuknya Ciamis sebagai tuan rumah pada Porprov tahun 2022, terdapat perubahan yang positif pada sarana dan prasarana infrastruktur olahraga. Ia mengatakan, pihaknya bisa memperbaiki beberapa sarana prasarana infrastruktur olahraga, dengan harapan akan mampu memperbaiki prestasi atlet-atlet kami di masa yang akan datang”, pungkas Bupati Herdiat.***

  • Reporter Liputan : Irfans Hasanudin
  • Dari berbagai sumber

No More Posts Available.

No more pages to load.