Berikut 10 Daftarnya Tenggorokan Sakit untuk Menelan Apa Obatnya?

oleh -164 Dilihat
oleh

Tenggorokan yang sakit saat menelan membuat makan dan minum terasa tidak nyaman. Lalu, tenggorokan sakit untuk menelan apa obatnya? Ternyata, tenggorokan sakit saat menelan dapat diobati sesuai dengan penyebabnya, seperti antibiotik untuk infeksi bakteri.

Namun, Anda juga bisa melakukan perawatan mandiri, seperti berkumur dengan air garam dan minum dengan air hangat. Untuk lebih jelasnya, ketahui cara mengobati tenggorokan sakit saat menelan berikut ini.

Tenggorokan sakit untuk menelan apa obatnya? Selain melakukan pengobatan secara medis, tenggorokan yang sakit saat menelan dapat diatasi dengan melakukan perawatan mandiri.

Berikut adalah beberapa cara mengobati tenggorokan sakit saat menelan yang perlu diketahui.

-Minum antibiotik

Sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi umumnya dapat diatasi dengan mengonsumsi antibiotik. Antibiotik perlu dikonsumsi sesuai dengan resep meskipun gejala yang dialami sudah hilang sehingga infeksinya dapat sembuh total.

-Minum obat non-steroid anti-inflamasi Obat non-steroid anti-inflamasi (OAINS) dapat mengatasi pembengkakan dan inflamasi di mulut, tenggorokan, dan esofagus. Dengan mengonsumsi obat ini, Anda akan lebih mudah untuk menelan dan rasa sakit yang muncul akan berkurang.

-Mengonsumsi antasida

Antasida adalah salah satu jenis obat yang dapat dibeli secara bebas di pasaran. Jenis obat ini dapat mengatasi rasa nyeri yang disebabkan oleh refluks asam sehingga tenggorokan juga akan lebih nyaman.

-Menggunakan semprotan tenggorokan

Semprotan tenggorokan dapat mematikan rasa di tenggorokan sehingga dapat membantu Anda untuk menelan lebih mudah dan tanpa rasa sakit. Semprotan tenggorokan dapat dibeli secara bebas di pasaran atau diresepkan oleh dokter. Berkumur air garam Air garam dapat mengurangi inflamasi dan membuat Anda bisa menelan dengan lebih mudah.

Untuk membuatnya, Anda bisa mencampurkan satu gelas air hangat dengan satu sendok teh gram dan digunakan untuk berkumur setiap beberapa kali setiap hari.

-Minum air hangat

Minuman yang hangat, seperti teh yang dicampur dengan madu, dapat mengurangi rasa sakit di tenggorokan. Namun, hindari minum dengan air yang panas karena justru dapat membakar tenggorokan dan menyebabkan iritasi. Mandi air hangat Mandi dengan air hangat tidak hanya akan membuat otot menjadi rileks, tetapi juga dapat melegakan tenggorokan. Uap air dari air hangat yang digunakan untuk mandi dapat mengurangi inflamasi sehingga Anda bisa menelan tanpa rasa sakit.

-Berhenti merokok dan minum minuman beralkohol

Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol bisa menyebabkan iritasi pada jaringan di mulut, tenggorokan dan esofagus. Selain menyebabkan iritasi, minuman yang mengandung alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi. Menggunakan pelembap ruangan Pelembap ruangan, atau humidifier, dapat mengatasi ruangan yang terlalu kering yang jadi penyebab tenggorokan gatal.

Namun, Anda perlu membersihkannya secara rutin sehingga bakteri atau jamur tidak berkembang biak yang justru dapat berbahaya untuk kesehatan. Beristirahat Tenggorokan sakit umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari tanpa perawatan khusus.

Selain melakukan beberapa cara di atas, Anda juga diimbau untuk beristirahat dan mendapatkan tidur yang cukup sehingga kondisi yang dialami tidak bertambahan serius. Setelah memahami tenggorokan sakit untuk menelan apa obatnya, Anda bisa melakukan beberapa cara di atas agar kondisi yang dialami semakin membaik.

Namun, Anda perlu segera ke dokter ketika tenggorokan sakit tidak kunjung sembuh atau disertai dengan gejala lain, seperti sulit bernapas, karena bisa jadi merupakan gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius.

 

 

 

Sumber :KOMPAS.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.