Peringati Earth Hour 2022, Pemkab Garut Matikan Lampu Selama 1 Jam

oleh -321 Dilihat
oleh

Tarongong Kidul, tabloidpersada.com

Gerakan Earth Hour adalah kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan pada akhir bulan Maret setiap tahunnya. Kali ini dilaksanakan pada Sabtu (26/3/2022) tepatnya pada pukul 20.30-21.30 WIB.

Diwilayah Kabupaten Garut sendiri telah mengambil bagian pada momen penting ini, yakni dalam rangka menyelamatkan bumi untuk generasi yang akan datang. _Earth Hour_ mengajak masyarakat untuk bersatu dalam momen refleksi hubungan antar sesama manusia dan planet.


Dalam rangka perwujudan dukungan dan komitmen terhadap peringatan Gerakan _Global Switch Off Earth Hour_ di Kabupaten Garut, maka Pemda Kabupaten Garut melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan pemadaman lampu selama satu jam pada Sabtu, 26 Maret 2022 Pukul 20.30 – 21.30 Wib dengan mengambil lokasi di landmark kabupaten yaitu Taman Simpang Lima Jl. Cimanuk dan Kantor Dinas Lingkungan Hidup Jl. Terusan Pahlawan.

“Tak lupa gerakan ini juga disuarakan melalui surat edaran pemberitahuan dan media instagram kepada seluruh instansi pemerintah di Kabupaten Garut, instansi pendidikan, BUMN, serta lingkungan masyarakat, agar dapat meningkatkan pelaksanaan Earth Hour di Garut tahun 2022″ tutur Gun Gun Sukma Utama, selaku Kabid Konservasi Lingkungan dan Keanekaragaman Hayati DLH Kab Garut sebagai penyelenggara momentum penting untuk bumi malam itu yang ditemui di taman simpang lima.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Garut juga melaksanakan pelaporan keikutsertaannya pada Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, melalui virtual meeting yang dihelat oleh DLH Jabar. Kegiatan tersebut dibuka oleh Kadis LH Jabar, Dr. Prima Mayaningtias. Menurutnya, _Earth Hour_ merupakan program satu jam untuk bumi salah satunya dengan cara hemat energi, dengan mematikan lampu dan mematikan alat elektronik yang tidak digunakan. “Saat ini dan masa depan kita bergantung pada komitmen untuk melindungi apa yang tersisa dari alam dan memulihkan apa yang telah hilang, di rumah kita dan seluruh dunia. Untuk tema tahun 2022 yaitu _shape our future_ yang diartikan tentukan masa depan kita,” tutur Prima.


Setidaknya banyak kegiatan yang dapat dilakukan dalam pelaksaan _Earth Hour_, dalam hal ini Kabupaten Garut menyuarakan kampanye Earth Hour melalui Instagram GarutkuTamanku. Ada 9 hal yang dapat dilakukan dalam momentum earth hour adalah bersepeda, menggunakan transportasi umum, diet kantong pelastik, menanam dan melindungi pohon, mematikan alat elektronik yang tidak terpakai, mematikan lampu, menggunakan produk lokal dan menggunakan tumblr.

Gerakan _Earth Hour_ Kabupaten Garut juga diikuti oleh partisipan instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan masyarakat yang peduli dengan mematikan alat elektronik dan lampu selama satu jam. Hal tersebut dilaporkan oleh media instagram GarutkuTamanku, melibatkan Kantor Bapenda Garut, Kampus IPI, serta Al Mashduqi Boarding School.


“Harapannya Gerakan Earth hour Kabupaten Garut diharapkan dapat terus dilaksanakan dan Kabupaten Garut akan terus mendorong lebih banyak lagi gerakan peduli lingkungan hidup,” pungkas Gun Gun.***

Reporter : Asep Edy Syafe’i
Sumber : diskominfo

No More Posts Available.

No more pages to load.