Ridwan Kamil Resmikan Wajah Baru Alun-alun Garut

oleh -864 Dilihat
oleh

Kabar Garut,-Warga Kabupaten Garut kini bisa kembali memanfaatkan ruang publik Alun-alun Garut yang baru saja rampung direvitalisasi untuk melakukan berbagai kegiatan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Alun-alun Garut yang baru saja direvitalisasi kini memiliki wajah baru yang lebih menarik, nyaman, dan dapat mendorong masyarakat untuk melakukan kegiatan yang lebih kreatif di Kabupaten Garut.

“Hari ini meresmikan Alun-Alun Garut atau lapangan Otto Iskandar Dinata dari anggaran provinsi, dibantu juga secara pribadi (melalui) desain dan sebagainya, mudah-mudahan dimanfaatkan dengan baik, apalagi lokasinya sangat bersejarah,” kata Ridwan Kamil saat peresmian Alun-Alun Garut di Garut Kota, Minggu (23/1/2022) dikutip dari Antara.

Ia menuturkan Alun-Alun Garut yang baru direvitalisasi itu merupakan tempat bersejarah yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat untuk kegiatan-kegiatan yang kreatif, manfaat, dan maslahat.

Warga Garut, kata dia, kini sudah bisa menikmati kembali ruang publik, ditambah lagi ada museum napak tilas Bupati Garut dari masa ke masa.

“Di sini dibangun panggung, ada tempat duduk, di bawahnya nanti ada museum terkait Bupati Garut dari masa ke masa,” katanya.

Ia menyebutkan fasilitas baru yang dimiliki Alun-Alun Garut di antaranya tribun dan selasar, toilet, perpustakaan, plaza hall alun-alun, gerbang, amphitheater, tempat bermain, tugu di empat sudut, trotoar, area tempat duduk, dan area babancong.

Ia berharap keberadaan Alun-Alun yang baru diresmikan itu bisa menambah kebahagiaan masyarakat dan merasakan kasih sayang dari para pemimpinnya.

“Mudah-mudahan warga bahagia menerima kasih sayang dari para pemimpinnya gubernur dan bupati,” katanya.

Bupati Garut Rudy Gunawan menambahkan peresmian alun-alun ini merupakan peristiwa bersejarah melengkapi bentuk kasih sayang Pemerintah Provinsi Jabar kepada warga Garut.

“Ini adalah satu monumen yang akan dikenang dan berhadapan dengan Pendopo, juga Masjid Agung, ini bentuk kanyaah (sayang) untuk masyarakat Garut,” kata Rudy.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Provinsi Jabar Boy Iman Nugraha menyatakan revitalisasi Alun-Alun Garut salah satu program strategis kepemimpinan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum.

Alun-Alun Garut, kata dia, sebagai ruang terbuka bagi masyarakat dalam mengembangkan kehidupan sosialnya dan menjadi ciri khas tersendiri bagi sebuah daerah.

“Selain itu pula alun-alun merupakan pertanda dari ciri khas sebuah kota yang menunjukkan jati diri dari kehidupan masyarakat yang ada di dalamnya,” kata Boy Iman.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.