Cegah Banjir Bandang Terulang, Warga Garut Yuk Tanam Pohon Sekitar Sungai

oleh -879 Dilihat
oleh

kabargarut.com, Garut – Dua musibah banjir
bandang di Garut, Jawa Barat yang berlangsung dalam waktu dua bulan terakhir, membuat Pemerintah Daerah (Pemda) Garut berbenah. Mereka kini mengawali kampanye Gerakan Peduli Desa Daerah Aliran Sungai (GD-PDAS).

Konsep yang diisiniasi Forum Kordinasi Pengelolaan DAS (FK-PDAS) itu, menawarkan model Agroforestry, sebagai upaya pemulihan lahan kritis dan menjaga ketahanan wisata di Garut.

Mudah-mudahan dengan upaya ini, mampu mengeleminir (meminimalkan) tingkat keterpurukan kita dalam arti ada bentuk-bentuk bencana yang kerap kali menghantui kita,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Garut, Nurdin Yana, dalam Launching GD-PDAS di Kampung Citiis, Tarogong Kaler, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kepedulian desa dalam mempertahankan kelestarian DAS melalui program penanaman bibit tanaman keras, dinilai penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem alam, sebagai upaya menghindari terjadinya musibah bencana alam.

“Termasuk memberikan manfaat pendapatan lebih bagi masyarakat desa khususnya melalui pengembangan wisatanya,” ujar dia.

Diawali prosesi Ngaruat Cai, kampanye kepedulian desa terhadap DAS ini kemudian diakhiri penanaman pohon tanaman keras. “Harapannya sekali lagi mudahan ini memberikan banyak kemaslahatan,” kata dia.

No More Posts Available.

No more pages to load.