Masih Persiapan Pembebasan Lahan, Tahap Pembangunan Tol Cigatas (Cileunyi-Garut-Tasikmalaya)

oleh -950 Dilihat
oleh

KABAR GARUT – Rencana pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) hingga kini masih terus digarap pemerintah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan mengatakan, sebulan lalu Pejabat Pembuat Kebijakan (PPK) dari Kementerian PUPR datang ke Kota Tasikmalaya, dan akan melaksanakan sosialisasi kepada para pemilik lahan.

Adapun sekarang prosesnya sedang memasuki tahan diidentifikasi, karena nanti yang diundang adalah para pemilik lahan yang betul-betul dilalui jalan tol.

“Kemarin saya minta koordinasi dibantu kabag pemerintahan berkoordinasi dengan para camat dan lurah untuk mengidentifikasi dulu pemilik lahannya untuk kemudian dilakukan sosialisasi”, ujar Ivan, Rabu, 28 April 2021.

Menurut dia, sosialisasi merupakan bagian dari tahapan pembebasan lahan. PPK mengatakan ingin tetap on the track bahwa pembangunan jalan tol bisa selesai tahun 2024 sampai Tasikmalaya.

Ivan menuturkan, untuk luas lahan yang terlintasi jalan Tol Cigatas kurang begitu tahu. Namun, untuk pastinya ada 4 kecamatan yaitu Mangkubumi, Kawalu, Tamansari, dan Cibeureum yang bakal dilintasi jalan tol.

“Kita kan sedang merevisi tata ruang, salah satunya mengantisipasi dan mengoptimalkan adanya tol”, tuturnya.

Ivan menambahkan, dengan adanya jalan tol, diharapkan akan adanya kawasan-kawasan yang bisa dijadikan publik prestasi. Misalnya, untuk kawasan industri diupayakan tidak jauh dari exittol di sekitar Jalan Sewaka dan Mangin sehingga bisa cepat ke tol.

“Saya harap memang ada industri kreatif untuk penyerapan tenaga kerja dan kalau sudah ada tol transportasi tidak akan menjadi kendala”, kata dia.

Artikel ini telah tayang di gosipgarut.di dengan judul Progres Pembangunan Tol Cigatas, Masih Persiapan Pembebasan Lahan, Klik untuk baca

Editor : Kabar Garut

No More Posts Available.

No more pages to load.