Usai Libur Nataru, Sampah Numpuk di Pantai Santolo

oleh -1217 Dilihat
oleh

Kabar Garut – Sampah di Pantai Santolo menumpuk. Menurut warga setempat, salah satu penyebabnya adalah tidak adanya tempat sampah yang disediakan oleh pemda. Tumpukan sampah terlihat jelas di setiap sudut Pantai Santolo yang terletak di Kecamatan Cikelet itu. Seperti dilihat detikcom, Minggu (3/1/2020) siang, sampah yang mendominasi adalah sampah plastik.

Selain itu, ada juga botol minuman, ranting dan daun pepohonan hingga batok kelapa.

Dede, salah seorang penjaga Pantai Santolo mengatakan sampah-sampah itu berasal dari wisatawan serta sampah yang terbawa gelombang ke tepi pantai.

“Memang ini sampah bukan asli warga di sini. Ini kiriman sewaktu badai dan wisatawan,” kata Dede kepada wartawan, Minggu.

Dede menyebut upaya pembersihan setiap hari dilakukan oleh dia dan para petugas lain di Pantai Santolo. Namun karena sampah terus datang, petugas mengaku kewalahan.

“Di satu sisi kami juga bukan robot. Harus bersihin sampah, harus mandu wisatawan, belum lagi ada yang komplain,” katanya.

Di sepanjang Pantai Santolo sendiri tidak ada tempat sampah yang disediakan oleh Pemda Garut sebagai pengelola kawasan wisata. Para petugas berharap agar pemda menyediakan bak sampah agar memperingan pekerjaan mereka.

“Kalau ada tempatnya minimal wisatawan buang ke tempat. Kami bersihkan sampah yang terbawa arus,” tutup Dede.

Sumber : Detiknews

Editor : Kabar Garut

No More Posts Available.

No more pages to load.