Sebuah Objek Wisata Baru di Garut yaitu Karacak Valley

oleh -418 Dilihat
oleh

Kabar Garut – Garut memang terkenal dengan keindahan alam nya yang mempesona, salah satu nya adalah Karacak Valley yang merupakan objek wisata bernuansa perbukitan. Lokasinya cukup strategis yakni berada di tengah kota garut tepatnya di kelurahan margawati. Karacak valey ini mulai dibuka sekitar bulan Agustus 2016 dibawah naungan perhutani dan dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), bermula dari perkebunan kopi yang dikelilingi hutan pinus dengan luas sekitar 9 hektar dan adanya curug di kawasan tersebut, maka dibentuklah sebuah objek wisata yang dinamakan karacak valley. Kenapa di berinama karacak valey karena lokasinya tepat berada di lembah gunung karacak yang merupakan perbatasan garut-tasik dan valey itu sendiri berasal dari Bahasa sunda yang berarti lembah, sedangkan karacak artinya air yang menetes. walaupun karacak valey ini terbilang masih baru, namun daya Tarik objek wisata ini cukup tinggi karena keindahan bukit dan lokasinya yang strategis.

RUTE MENUJU KARACAK VALLEY
Karna lokasinya berada ditengah kota, akses transportasi menuju karacak valley terbilang cukup mudah dikunjungi, yaitu dengan mengambil rute Jl.Barata Yudha lalu belok ke Jl.margawati dari jalan margawati ini kalian tinggal mengikuti jalur, walaupun ada beberapa persimpangan kalian tidak usah khawatir karna disepanjang jalan cukup bnyak petunjuk arah sehingga memudahkan untuk menuju ke lokasi.Bagi kalian yang ingin menggunakan angkutan umun, dari terminal Guntur kalian bisa naik angkot jurusan sukaregang atau sukadana dengan tarif ongkos sekitar 4-5rb. Kemudian berhenti di pangkalan ojeg margawati dan melanjutkan perjalanan menggunakan ojeg dengan tarif disesuaikan dengan driver.

AKSES JALAN

Kondisi jalan menuju lokasi karacak valey ini terbilang cukup baik dan bisa dilewati oleh kendaraan roda 2, maupun  roda 4 atau bisa juga menggunakan bis berukuran kecil, hanya saja kondisi jalan tidak terlalu lebar sehingga apabila ada kendaraan dari arah berlawanan  akan sedikit menyulitkan. Beberapa kilo menuju lokasi  kondisi jalan mulai berlubang, sempit dan banyak ditemui tanjakan yang menikung tajam. Oleh karena itu bagi kalian yang mau kesini harus benar benar menyiapkan kondisi kendaraan yang prima. Apalagi 200 meter dari pintu masuk karacak valey kalian akan melewati jalanan dengan kondisi rusak berat dan jalanan tanpa aspal atau tanah yang tentunya akan lebih licin kalau musim hujan.

KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN

1. Puncak Dogar/Puncak Karacak

Salah satu daya Tarik karacak valey adalah pemandangan nya yang memanjakan mata, dari puncak Dogar atau puncak Karacak kalian bisa menikmati view gunung cikuray yang menjulang tinggi dan  Landscape kota garut yang sangat jelas membentang dari puncak karacak. Apalagi jika suasana malam hari, tentunya kalian bisa menikmati indahnya citylight Garut

2. Hammocking

Kegiatan favorit yang sering dilakukan disini adalah bermain ayunan atau hammock, iyah tempat ini sangat cocok dan recomended buat para hammocker yang ingin berlibur karena Hampir semua kawasan Karacak Valley di penuhi oleh pohon pinus sehingga memudahkan untuk menggantungkan hammock disini. udaranya yang sejuk dan semilir angina sepoi sepoi akan membuat anda semakin betah dan nyaman tiduran diatas hammock. Bagi kalian yang tidak membawa hammock tidak usah khawatir karna disini tersedia penyewaan hammock.

Camping

Bagi kalian yang memiliki hobi camping di alam bebas, karacak valley sangat cocok untuk kalian kunjungi karena disini disediakan Camp Area yang cukup luas  untuk membangun beberapa tenda, selain itu banyak juga tempat  lain yang bisa kalian gunakan untuk membangun tenda, salah satunya di puncak Dogar, diatas puncak dogar kalian bisa sambil menikmati citylight garut di malam hari. Tapi jangan lupa untuk konfirmasi terlebih dahulu pada pihak pengelola jika kalian ingin mendirikan tenda selain diarea Camping Ground. Untuk kalian yang tidak membawa peralatan camping, tidak usah khawatir karena disini disediakan penyewaan alat-alat camping.

Curug Ngebul

Curug karacak atau yang biasa disebut curug ngebul ini menjadi tempat tujuan paling seru untuk kalian yang suka bermain air. curug ngebul berjarak sekitar 1,2 km dari loket pelayanan tiket, trekking menuju curug ini tidak terlalu sulit karena sudah disediakan anak tangga dan terbilang cukup landai sehingga kalian bisa membawa keluarga dan anak-anak untuk datang ke curug ini. Sepanjang perjalanan kalian disuguhi pemandangan hutan pinus yang masih asri bahkan jika beruntung kalian bisa bertemu gerombolan monyet yang berkeliaran disana, tapi jangan lupa untuk tidak mengganggu ataupun memberi makan monyet-monyet disana yah, karena pihak pengelola juga tidak memperkenankan para pengunjung untuk memberi makan monyet-monyet disana. Dengan sekitar 20 menit perjalanan santai, kalian sudah bisa sampai di kawasan curug ngebul dengan ketinggian air sekitar  25 meter. Air di curug ini tidak terlalu deras jika musim kemarau, sehingga pengunjung bisa langsung bermain air bahkan mandi di curugnya, karena air disini sangat bersih. Sayang nya disini kalian tidak bisa berenang dikarenakan kolam dibawah curug sangat dangkal.

HARGA TIKET MASUK

Harga tiket masuk ke karacak valley cukup terjangkau yakni:

  • Tiket Dewasa Rp 10.000/orang sudah termasuk asuransi
  • Tiket Anak-anak Rp 5.000/anak sudah termasuk asuransi
  • Camping Rp 15.000 (Tanpa batasan waktu)

Karacak Valley dibuka setiap hari tanpa ada batasan waktu, karena penjaga disini stay 24 jam jadi kalian bisa dateng kesini kapan aja.

Artikel ini dimuat juga pada www.pesonagarut.com dengan judul

Editor : Kabar Garut

No More Posts Available.

No more pages to load.