Kenali Ciri-ciri Penyakit Mpox yang Harus Diwaspadai

oleh -118 Dilihat
oleh
Monkey Pox Virus
Monkey Pox Virus

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumumkan wabah Mpox di Afrika sebagai kondisi darurat kesehatan global. Untuk mewaspadainya, Anda perlu tahu ciri-ciri penyakit Mpox berikut ini.
Status darurat kesehatan global menjadi peringatan tertinggi tentang bahaya penyebaran penyakit. Artinya, semua negara, termasuk Indonesia, perlu mewaspadai penyebaran penyakit ini.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI sendiri telah menyiapkan vaksin untuk menangani wabah Mpox di Indonesia.

Selain itu, Kemenkes juga memperkuat pemantauan temuan kasus Mpox di semua fasilitas kesehatan. Kemenkes juga telah menyiapkan sejumlah laboratorium rujukan di berbagai daerah di Indonesia.

Ciri-ciri penyakit Mpox
Mpox dikenal juga dengan sebutan cacar monyet. Penyakit ini ditularkan oleh virus Monkeypox.

Penyakit ini juga dapat menular antar-manusia. Penularan terjadi melalui kontak fisik dengan pasien yang terinfeksi, di antaranya berbicara berhadapan langsung, kontak kulit pada hubungan seks, kontak mulut saat berciuman, dan tetesan pernapasan.

Pada dasarnya, ciri-ciri penyakit Mpox mirip dengan gejala jenis cacar lainnya. Perbedaan hanya terletak pada pembengkakan kelenjar getah bening yang dipicu oleh Mpox.

Berikut beberapa gejala cacar monyet atau Mpox.

1. Demam
Demam menandakan sistem kekebalan tubuh yang tengah bekerja melawan infeksi. Demam biasanya ditandai dengan suhu tubuh yang melebihi 38,5 derajat Celcius.

2. Sakit kepala
Sakit kepala juga menandakan tubuh yang mengeluarkan energi untuk melawan infeksi.

3. Nyeri otot
Nyeri otot, salah satu ciri-ciri penyakit Mpox.
Sama seperti jenis infeksi lainnya, Mpox juga memicu nyeri otot. Kondisi ini menandakan tubuh yang tengah berperang melawan virus.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening
Kelenjar getah bening yang membengkak merupakan salah satu ciri infeksi. Pembengkakan umumnya terjadi di area leher dan ketiak.

5. Rasa lelah
Kelelahan muncul karena tubuh mengeluarkan energi yang besar untuk melawan penyakit.

6. Ruam
Biasanya, dalam 1-3 hari setelah demam, pasien cacar monyet akan mengalami ruam. Kemunculan ruam sering kali dimulai dari wajah dan menyebar ke bagian tubuh lain.

7. Lesi
Ruam bisa berubah menjadi lesi atau luka pada kulit seiring berjalannya waktu. Lesi biasanya disertai cairan nanah di dalamnya.

Perlahan, lesi akan menghilang setelah luka mulai mengering.

Gejala cacar monyet di atas bisa muncul dalam 7-14 hari setelah terinfeksi. Dalam beberapa kasus, gejala juga bisa muncul 5-21 hari setelah paparan virus.

Ciri-ciri penyakit Mpox ini umumnya akan berlangsung selama 2-4 pekan jika tak diobati dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.